Welcome and Have fun ^__^

semoga isi di blog saya yang sederhana ini bisa bermanfaat buat para pengunjung..Maaf kalau ada kata yang salah ya.... Selamat menikmati... :)

Kamis, 29 Maret 2012

Sedikit Mengenal Free Rider

Tulisan ini berawal dari obrolan asal di sebuah kantin. Namun, pada bagian pertama ini ada baiknya kita membahas mengenai Free Rider. Bagi beberapa orang istilah ini mungkin baru, dan yang jelas tidak ada kaitannya ama Kamen Rider. Hehehe, saya juga baru tahu istilah ini beberapa waktu lalu. Namun, karena gampang diterapkan maka Free Rider pun ada banyak disekitar saya, mungkin juga Anda. Free Rider adalah orang-orang yang dalam sebuah tim adalah mereka hanya ikut secara daftar nama. Itu sih istilah saya, namun dalam pengertian aslinya juga tidak jauh berbeda. Seperti yang pernah dosen saya kemukakan dalam contohnya. Misalnya, ada beberapa orang yang membuat acara Pesta Kembang Api, mereka adalah orang yang sibuk mengurus ini itu. Namun, pada saat acara berlangsung ada jauh lebih banyak yang menikmati pertunjukan itu padahal mereka sama sekali tidak melakukan apa-apa. Sudah mulai kenal kan apa itu Free Rider?

Dalam kehidupan sehari-hari juga, jika kita teliti melihat (coba lihat sekitar kita). Terlebih dalam sebuah organisasi, sudah sangat banyak Free Rider yang ada namun belum tau istilah untuk diri mereka saja, hehehe. Bagaimana dengan Anda? Dalam beberapa situasi juga saya pernah menjadi Free Rider. Bagi saya itu Free Rider itu berguna untuk JANGKA PENDEK dan jika dalam lingkup KELOMPOK. Bukan untuk JANGKA PANJANG dan PERSEORANGAN. Terkadang, Free Rider justru adalah keadaan yang mau ga mau harus kita terima, hehehehe.Misalnya saja dalam kerja kelompok suatu tugas. Apabila jumlah anggota sudah memadai dengan porsi ideal, maka ketika kita yang mau ga mau harus bergabung dengan kelompok itu, kita mau berbuat apa selain numpang nama? Free Rider kan? Walau ada yang sedih (untuk mereka-mereka yang rajin :P), ada juga yang biasa-biasa justru terkesan happy dengan hal itu (termasuk saya :D)

Namun, seperti kata teman saya yang namanya (belum saya tanyakan) tidak ingin dimuat dalam tulisan ini, mengatakan kalau Free Rider juga harus punya kemampuan khusus. Misalnya saja :
* Seorang Free Rider harus bisa memahami kemampuan khusus teman-teman lainnya (yg bukan Free Rider tentunya).
* Seorang Free Rider juga harus bisa membaca kapan teman-temannya lagi senang atau Bad mood.
*Seorang Free Rider juga harus bisa mengetahui celah dalam aturan organisasi untuk bisa jadi Free Rider.

Beberapa contoh Free Rider misalnya :

Makan gratis - Free Rider
Numpang dianterin gratis - Free Rider
Nonton tapi ga bayar - Free Rider
Mencontek - Free Rider
Ikut Demo tapi ga ngerti buat apa - juga Free Rider


Walau akhirnya terkesan seperti seorang yang licik, tapi ada aja ternyata yang menjadi Free Rider dalam tatanan kehidupan bermasyarakat ini. Makanya seorang Free Rider harus punya kemampuan khusus seperti yang telah diucapkan teman saya tadi. Tujuannya agar bisa menjadi Free Rider tapi tidak terkesan memanfaatkan orang lain (tergantung sudut pandangnya sih).

Namun, menurut saya Free Rider bisa bermanfaat untuk jangka pendek dan hanya berlaku dalam kelompok. Kalau ingin berhasil sendiri dalam jangka yang lebih panjang, ya berbuatlah yang terbaik, dan jadi Free Rider hanya sesekali. Sebab, seorang Free Rider BIASANYA GAGAL DALAM TEST INDIVIDU BAIK LISAN MAUPUN TULISAN, makanya yang terpenting adalah meningkatkan kemampuan diri sendiri, kecuali kalau memang lagi malas.Hehehehe
Akhir kata, diharapkan kemakluman para pembaca agar bisa mengambil hikmah atau hal-hal positif dari tulisan ini, itupun kalau ada.Hehehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.